June 6, 2020
Yayasan Asti Dharma : 021-8493 2005, 2004, 2003, 2002, 2001 | bhkkotawisata@yadbogor.or.id
homestay-di-australia

 

Salah satu program rutin unggulan SMA BHK Kota Wisata adalah Homestay. Sebuah kegiatan dimana siswa-siswi tinggal dengan orangtua asuh di negara luar Indonesia dan belajar mengenal sistem pendidikan yang berlaku di negara tersebut. Kali ini SMA BHK memilih Australia sebagai negara tujuan program homestay. Beberapa latar belakang mengapa Australia dipilih menjadi negara tujuan program homestay antara lain: banyaknya universitas dan pelajar Indonesia yang melanjutkan studi ke negara ini, lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, keramahtamahan serta aneka ragam kebudayaan yang dimiliki, bahasa yang digunakan (bahasa Inggris) sehingga siswa-siswi dapat mengaplikasikan kemampuannya dalam berbahasa Inggris melalui interaksi langsung dengan teman belajar dan keluarga tempat mereka tinggal selama di sana.

Tujuan kegiatan ini adalah melatih siswa-siswi menjadi pribadi yang mandiri, peduli sesama, bisa bekerjasama dalam tim, disiplin, memiliki sopan santun, etika dan moral yang baik, selain itu juga membuka wawasan peserta akan kebudayaan maupun sistem pendidikan di negara lain. Kegiatan ini diikuti oleh 16 siswa-siswi yaitu: Caecilia Divany Hanan (XI IPA2), Gabriel Zefanya Paskah (XI IPA1), Hizkiana Nicoldea Gunawan (XI IPA2), Jean Michel Ferdinand (XI IPA2), Maura Fernanda, GOUW (XI IPA2), Michelle Stephanie Supit (XI IPA1), Nathaniel Ezra Ardyana (XI IPS1), Pricillia Vina Nathaniel (XI IPS1), Very Antoni (XI IPA1), Steven Winata Mulia (XI IPA1), Yohanes Ferrari Maydi (XI IPS2), Yolanda Mere Marie (XI IPA2), Anasthasya Audrey Ferlina (XII IPS1), Clarissa Shane (XII IPA1), Leonardo Tantalomeus (XII IPA1), Wenny Feronika Septiana (XII IPS1). Para suster dan guru yang mendampingi adalah Sr. M. Albertine PBHK, Sr. M. Patrisiana PBHK, dan Ibu Natalia Desi Aryani.

Selama berada disana pada Senin,16 September 2019 sampai dengan Kamis, 19 September 2019 para peserta mengikuti berbagai kegiatan, seperti: mengikuti kegiatan belajar di Sekolah Our Lady Of The Sacred Heart College untuk putri dan Marcellin College Sydney untuk  putra; mengunjungi Universitas ( New South Wales); melihat Paddys Market, melakukan city tour ( Koala Park) dan yang teristimewa adalah kesempatan  mengikuti dan mengambil bagian sebagai petugas dalam misa di Gereja OUR LADY OF THE ROSARY KENSINGTON . Setelah misa, siswa-siswi mempersembahkan lagu kepada para umat dan para orangtua asuh yang mendampingi mereka selama kegiatan homestay berlangsung ucapan terimakasih. Setelah itu siswa, siswa-siswi  mengikuti tradisi morning tea yang selalu ada setelah misa selesai untuk kekeluargaan dalam komunitas Katolik di paroki tersebut. Sebagai penutup kegiatan seluruh peserta homestay mengikuti wisata ke Darling Harbour.

Ucapan terima kasih teristimewa  disampaikan kepada Pasto Alo Lemere MSC yang sudah mendampingi penyelenggaraan kegiatan homestay ini, para guru dan buddy di sekolah Our Lady Of The Sacred Heart College dan  Marcellin College Sydney. Terima kasih pula kepada para orangtua asuh para orangtua asuh yang sudah menerima peserta seperti layaknya anak mereka sendiri. Semoga kegiatan ini dapat terus menerus terlaksana di tahun mendatang agar wawasan siswa-siswi semakin luas dan siap bersaing di era globalisasi. (The)

WhatsApp chat